PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn MATERI SISTEM POLITIK INDONESIA DI SMK 3 PGRI KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

WAHYU EKO CAHYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.03.0007

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn yang masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Dapat mengakibatkan suasana kelas menjadi monoton, pasif, dan menjenuhkan siswa. Hal tersebut nampak dari minat belajar siswa yang menurun, yang pada akhirnya hasil belajar siswa tidak maksimal. Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn? (2) Apakah penerapan model pembeljaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan tanggung jawab siswa? (3) Apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas X- Akutansi di SMK PGRI 3 Kediri. Peneliti dilaksanakan dengan dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, catatan lapangan, dan kuesioner motivasi minat belajar. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah- langkah yang afektif penerpan model pembelajaran kooperatf tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. (2) Melalui siklus kedua tindakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terbukti meningkatkan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah untuk meningkatkan keaktivan, tanggung jawab, dan motivasi siswa. Oleh karena itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus meningkatkan proses terciptanya pembelajaran yang efektif. (2) Guru masih perlu melakukan penelitian terus menerus, untuk membuktikan apakah model pembejaran kooperatif tipe jigsaw sesuai dengan seluruh karakteristik materi dan karakteristik siswa. KATA KUNCI : Model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW, Aktivitas Belejar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 03 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI