Visualisasi Nilai-nilai Karakter Bangsa pada Relief Candi Kidal


Author (Penulis)

YANITA KRISTIAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.02.0026

Abstract

YANITA KRISTIAN : Visualisasi Nilai-nilai Karakter Bangsa pada Relief Candi Kidal, Skripsi, Pendidikan Sejarah, FKIP UN PGRI Kediri, 2016 Kata Kunci: Visualisasi, Nilai-nilai Karakter Bangsa, Relief Candi Kidal. Gejala-gejala degradasi moral sebagai dampak negatif dari era globalisasi merupakan permasalahan budaya dan karakter bangsa. Oleh karena itu diperlukan adanya pendidikan moral yang bersumber pada nilai-nilai budaya, salah satunya melalui visualisasi dalam relief yang terpahat di bangunan candi pada bagian kaki Candi Kidal sebagai tempat pendidikan keagamaan pada masa Jawa Kuno. Permasalahan yang di teliti adalah (1) pemilihan cerita fabel sebagai media penyampaian ajaran moral, (2) nilai-nilai karakter yang terkandung dalam relief cerita fabel di Candi Kidal, (3) relevansi pesan moral dengan konsep pendidikan karakter bangsa pada masa kini. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui alasan mengapa cerita fabel dipilih sebagai media penyampaian ajaran moral, (2) mendeskripsikan nilai-nilai karakter bangsa yang terkandung dalam relief cerita fabel di Candi Kidal, (3) menjelaskan relevansi pesan moral dengan konsep pendidikan karakter bangsa pada masa kini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk memberikan gambaran yang sistematis dan objektif tentang bangunan Candi Kidal yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi kepustakaan, dan wawancara. Sumber data primer dalam penelitian ini berupa sumber data artefaktual dan tekstual, sedangakan sumber data sekundernya berupa sumber data ekofaktual. Kegiatan analisis data terdiri dari analisis morfologi, stilistik, dan kontekstual. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga buah kesimpulan sebagai berikut. Pertama, Candi kidal merupakan tempat pendharmaan Raja Anusapati yang berfungsi sebagai tempat pendidikan keagamaan dan pemujaan. Kedua, isi cerita relief pada bagian kaki candi yaitu tentang cerita fabel sebagai visualisasi dari ajaran moral dan nilai-nilai karakter bangsa. Relief cerita fabel yang terpahatkan antara lain fragmen lengkap cerita Garuda, yakni Garuda bersama para naga, Garuda membawa guci amertha, dan Garuda menggendong ibunya sebagai lambang pembebasan atau ruwat. Ketiga, pesan moral yang terdapat pada relief-relief candi kidal merupakan ajaran kesusilaan masa Jawa Kuno yang terdiri dari sepuluh macam atau yang disebut dasasila. Saran dari penulis adalah diharapkan adanya penelitian-penelitian lain yang berfokus pada nilai-nilai budaya yang terkandung pada sebuah tinggalan arkeologi, khususnya mengenai pesan moral pada cerita fabel yang selanjutnya dapat dikorelasikan dengan kurikulum pendidikan. Hal ini bertujuan sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan degradasi moral generasi penerus bangsa di era globalisasi pada masa kini.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI