HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII


Author (Penulis)

TANGGUH BUDI PRASETYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0434

Abstract

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MOJO TANGGUH BUDI PRASETYA 12.1.01.01.0434 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Program Studi Bimbingan dan Konseling budi.pras09@gmail.com Dra. Endang Ragil W.P, M.Pd. dan Dr. ATRUP, M.Pd., MM. ABSTRAK Tangguh Budi Prasetya: Hubungan Komunikasi Interpersonal Dengan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMPN 2 Mojo. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti. Di dalam sekolah terdapat berbagai siswa yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, hal ini menjadikan siswa merasa kurang dalam kemampuan berkomunikasi interpersonalnya, sehingga kurang pula rasa kepercayaan dirinya, hal ini yang dapat menghambat siswa tumbuh secara optimal dan sulit beradaptasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Mojo tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk angket tertutup yang analisis datanya dilakukan dengan teknik Regresi Linier Sederhana yang dibantu dengan software SPSS versi 16.00. Hasil dari penelitian ini diperoleh komunikasi interpersonal siswa tergolong baik, diketahui pada besarnya nilai korelasi / hubungan (R) yaitu sebesar 0,437 Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,191, yang mengandung pengertian bahwa hubungan komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri adalah sebesar 19,1%. Sedangkan F – hitung = 17,261, dan F – table = 1,992 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 .Hal ini berarti nilai F – hitung hasil analisis lebih besar dari nilai F – tabel untuk taraf signifikasi 5% yang berarti ada hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP N 2 Mojo tahun pelajaran 2015/2016. hendaknya memberi dorongan atau arahan supaya siswa memiliki komunikasi interpersonal dengan baik sehingga siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri yang tinggi. memberikan dorongan kepada siswa ketika tampil atau mengerjakan tugas di depan kelas sesuai dengan bidang studi untuk membantu siswa meningkatkan komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri hubungan komunikasi interpersonalnya dimulai dengan cara membangun tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Kata kunci: komunikasi interpersonal, kepercayaan diri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI