Peran Guru Bimbingan Dan KonselingSebagai Motivator Belajar Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 5 Tulungagung


Author (Penulis)

WIDYA QURANITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0431

Abstract

ABSTRAK Widya, Qur’anita. 2016. “Peran Guru Bimbingan Dan KonselingSebagai Motivator Belajar Siswa Kelas VIII Di Smp Negeri 5 Tulungagung”Skripsi, prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016. Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan di sekolah di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah motivasi belajar siswa. Karena motivasi merupakan dorongan yang diberikan kepada siswa untuk melaksanakan pembelajara. Motivasi dalam belajar berperan sebagai usaha yang mendorong siswa agar mau belajar, dalam kegiatan belajar mengajar, guru merupakan orang pertama yamg harus menyadari kedudukannya sebagai motivator, karena salah tugas guru adalah menggali motivasi dan menambahkan prestasi belajar pada siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana cara guru memberikan motivasi terhadap siswa? (2) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang rendah? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan instrumen berupa observasi, wawancara, dan studi dokumen tentang peran guru pembimbing sebagai motivator untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian peran guru pembimbing sebagai motivator belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tulungagung menunjukkan bahwa peran guru pembimbing dan guru bimbingan konseling sebagai motivator siswa sangat penting dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pembimbing sebagai motivator yaitu dengan cara memotivasi siswa dalam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tulungagung. Disinilah perlu adanya layanan bimbingan dan konseling dalam membantu para siswa agar dapat meningkatkan hasil belajarnya. Kata Kunci : Guru Pembimbing, Motivator Belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI