MODEL PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI MELALUI FANPAGE KONSELING SMP N 1 GURAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ELIS NUR AMANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0423

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa saat ini teknologi merupakan media komunikasi yang berkembang secara pesat sekali yang mudah di akses oleh kalangan remaja. Dengan adanya perkembangan teknologi dalam pendidikan, maka pada hakekatnya pendidikan merupakan sebuah proses transfer informasi. Dimana informasi dapat diartikan benda abstrak yang dapat dipergunakan untuk mencapai tujuan yang lebih positif dan efisien. Permasalahan penelitian ini adalah,1) Siswaaktifdalampenggunaan media internet yang disediakan oleh sekolah untuk mengakses fanpage dalam facebook, 2) Siswa kurang mengerti tentang fungsi Bimbingan Konseling di sekolah dan menganggap bahwa BK adalah polisi sekolah, 3)Adanya cara pemberian layanan informasi bimbingan konseling yang kurangefektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdengan subyek penelitian siswa SMP Negeri 1 Gurah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa angket untuk mengumpulkan data mengenai fanpage dan pemberian layanan konseling. Dan menggunakan teknik korelasi product-moment untuk menganalisa hasil data yang telah diperoleh dari angket. Hasil penelitian menunjukkan secara umum bahwa peran fanpage di kalangan siswa SMP Negeri 1 Gurah termasuk dalam kategori sedangdankeefektifan pemberian layanan informasi dalam kategori sedang pula.Besar hubungan antara fanpage dengan pemberian layanan informasi sebesar 0,604. Jadi berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa rhitung> rtable (0,604 > 0,468) dan nilai signifikansi yang kurang dari taraf nyata 5% (0,00 < 0,05maka harga korelasi tersebut signifikan artinyaada kontribusi yang signifikan dari fanpage dalam memberikan layanan informasi bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Gurah. Saran berdasakan penelitian yang dilakukan yaitu dengan adanya berkembangan teknologi saat ini kususnya dalam bidang pendidikan tentunya memberikan dampak yang lebih positif dan efisien. Maka hendaknya dalam pemberian layanan informasi bimbingan konseling dilakukan melalui fanpage, agar suatu informasi yang ingin disampaikan lebih efektif mudah diterima oleh siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI