HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 KALIDAWIR TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SANTOSO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0408

Abstract

Santoso: Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kalidawir Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kecemasan komunikasi interpersonal siswa sering kali terjadi karena adanya faktor kecerdasan emosional siswa yang rendah. Akibatnya banyak siswa yang kesulitan dalam berinteraksi baik didalam maupun diluar sekolah. Kecerdasan emosional mempunyai pengaruh besar terhadap kecemasan komunikasi interpersonal. Kecemasan komunikasi atau communication apprehension sering menjadi kendala utama bagi individu dalam sebuah interaksi. Kecemasan komunikasi interpersonal dapat diartikan sebagai rasa cemas yang dialami individu ketika harus berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Individu yang mengalami kecemasan berkomunikasi cenderung untuk menarik diri dari pergaulan dan berusaha sesedikit mungkin untuk terlibat dalam interaksi dengan orang lain. Permasalahan penelitian ini adalah Adakah Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa KELAS VIII di SMPN 2 KALIDAWIR. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa KELAS VIII SMPN 2 KALIDAWIR, sampel sebanyak 48 siswa diambil dengan tehnik propotional random sampling dimana populasi keseluruhan sebanyak 315 siswa dan diambil 15% nya yang dijadikan sampel sehingga didapat 48 siswa yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala kecerdasan emosional dan skala kecemasan komunikasi interpersonal. Hipotesis diuji menggunakan tehnik analisis korelasi product moment for windows v.21. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi (probabilitas) sebesar 0,034 nilai ini lebih kecil dari nilai ? sebesar 0,05 sehingga hipotesis yang berbunyi ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecemasan komunikasi interpersonal pada siswa Kelas VIII di SMPN 2 Kalidawir Tahun Pelajaran 2014/2015 ditolak. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, saran yang perlu dikemukakan adalah sebagai berikut. Hendaknya sekolah baik guru bimbingan dan konseling, para guru mata pelajaran serta pimpinan sekolah dapat membantu dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada setiap siswa-siswinya yang nantinya akan mendukung siswa memiliki kemampuan dalam berkomunikasi interpersonal dengan berbagai kalangan dan akan terhindar dari kecemasan dalam berkomunikasi interpersonal

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI