EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DENGAN KEMANDIRIAN PERILAKU PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGUNUT TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
MUJI ASTUTIK
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0406
Abstract
MUJI ASTUTIK: Hubungan Keikutsertaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dengan Kemandirian Perilaku Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kegiatan ekstrakurikuler menjadi wadah yang tepat dalam pembentukan dan pengembangan karakter seperti kemandirian siswa. Gerakan pramuka sebagai organisasi kepemudaan yang mempunyai visidan misi untuk mengembangkan pendidikan di luar sekolah untuk menyiapkan generasi muda sebagai tunas bangsa. secara teoritis kegiatan pramuka sangat berpengaruh dengan sikap kemandirian siswa. Siswa, semakin aktif mengikuti kegiatan pramuka, ia semakin bertambah sikap kemandiriannya. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil analisis deskriptif, maka dapat diketahui nilai mean (rata-rata) 78,78 dapat digolongkan
dalam skor 75-78, dan skor tersebut dalam kategori rendah. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa keikutsertaan ekstrakurikuler pramuka siswa kelas VIII
SMPN 1 Ngunut berada pada kategori rendah. (2) kemandirian siswa kelas VIII
SMPN 1 Ngunut berdasarkan hasil analisis deskriptif, dapat diketahui nilai mean
69,36 dapat digolongkan dalam skor 57-80, dan skor tersebut dalam kategori
sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kemandirian siswa kelas VIII
SMPN 1 Ngunut berada pada kategori sedang. (3) Dengan kemandirian perilaku
pada siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut ditunjukkan dengan hasil korelasi (rxy = -
0,002 ; sig = 0,991 > 0,05) ini menunjukkan tidak adanya hubungan antara
keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan kemandirian siswa.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Bagi
pihak SMPN 1 Ngunut, mengupayakan untuk meningkatkan keikutsertaan
siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. (2) Orang tua hendaknya mampu menjadi model yang baik dalam menanamkan karakter kemandirian siswa