PENGARUH STRATEGI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PADA SISWA KELAS VII DI UPTD SMP NEGERI 2 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
MARGO WIYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0405P
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti,bahwa di UPTD SMP Negeri 2 Campurdarat ini siswa kelas VII masih cukup kesulitan dalam berkomunikasi kepada guru sehingga akan mengalami kesulitan dalam menerima dan memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru. Siswa juga masih susah membedakan cara berkomunikasi dengan guru dan teman sebaya di sekolah.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pengaruh strategi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa? (2) Adakah pengaruh strategi layanan bimbinagn kelompok dalam meningkatkan komunikasi antar pribadi ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Kuantitatif, disini subyek penelitian siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 2 Campurdarat.Penelitian dilaksanakan dalam beberapa tahap ,yang pertama menggunakan instrumen berupa lembar observasi aktivitas siswa ketika awal dan akhir penelitian, kemudian angket komunikasi antar pribadi siswa. Untuk mengetahui seberapa besar insensitas komunikasi antar pribadi siswa di analisis dengan menggunakan analisis korelasi ,dalam hal ini korelasi pruduct moment (rxy ) melalui perhitungan secara manual.
Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1)
Tujuan pokok layanan bimbingan kelompok adalah untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi, khususnya kemampuan berkomunikasi siswa. Dalam melakukan bimbingan di sekolah perlu dilakukan pembelajaran berkelompok untuk mempermudah bimbingan karena dengan membuat kelompok siswa tumbuh rasa kerjasama dan toleransi pada diri siswa. Oleh sebab itu guru memiliki adil terhadap pelaksanaan kerja kelompok. (2) Guru masih perlu meneliti terus-menerus ,untuk membuktikan apakah strategi layanan bimbingan kelompok sesuai dengan karakteristik kebutuhan siswa.