PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP TINGKAT KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 2 CAMPUR DARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

ENDAH SETYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0404

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi lapangan karena perlu adanya peningkatan dalam belajar dan cara belajar yang baik. Saat ini kesulitan belajar masih menjadi hambatan dan gangguan yang dialami siswa. Masih banyak ditemui siswa yang kurang memperhatikan cara belajar, yang ditandai dengan menurunya prestasi siswa. Kesulitan belajar siswa tidak hanya dilatar belakangi adanya kemampuan kecerdasan saja, namun ada banyak faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor internal dan eksternal. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: “ Adakah pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap tingkat kesulitan belajar siswa kelas VIII di UPTD SMP Negeri 2 Campur darat Tahun Ajaran 2014/2015?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap tingkat kesulitan belajar siswa. Hasil penelitian ini untuk mengubah dan memberikan wawasan cara belajar yang tepat pada sekolah di UPTD SMP NEGERI 2 Campur darat khususnya siswa kelas VIII dan lembaga pendidikan pada umumnya. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kuantitatif karena data yang semula data kualitatif akan diubah menjadi data kuantitatif dengan menggunakan suatu analisis yaitu analisis statistik. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VIII di UPTD SMP NEGERI 2 CAMPUR DARAT TAHUN AJARAN 2014/2015 dengan sampel penelitian sebanyak 41 siswa. Untuk memperoleh data menggunakan teknik angket, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Dari hasil perhitungan dengan Uji-t diperoleh nilai t hitung (th) sebesar 7,36. Setelah dibandingkan dengan nilai yang ada pada tabel baik pada taraf kepercayaan 5% (2,021) 1% (2,704). Ternyata t hitung lebih besar dari 5%. Dengan demikian hipotesis nol (Ho) ditolak dan H1 diterima. Artinya ada Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Tingkat Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII di UPTD SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan dan diperoleh jawaban terhadap pengujian hipotesis penelitian, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Tingkat Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII di UPTD SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015, sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa yang diberikan layanan bimbingan belajar secara tepat maka akan mempengaruhi cara belajar setiap siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI