HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENGELOLAAN EMOSI DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS X UPTD SMAN 1 MOJO KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SULISTYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0402

Abstract

SULISTYOWATI: Hubungan Antara Kemampuan Pengelolaan Emosi dengan Perilaku Agresif Siswa Kelas X UPTD SMAN 1 Mojo Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015. Skripsi, Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya fenomena perkelahian bahkan sampai tawuran antar remaja yang menunjukkan meningkatnya perilaku agresif di kalangan siswa pada jenjang pendidikan menengah atas. Siswa berani untuk melakukan apapun agar bisa mendapatkan sesuatu yang menjadi keinginannya bahkan sampai menyakiti orang lain. Salah satu faktor penyebab dari munculnya perilaku agresif adalah kematangan emosi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran umum perilaku agresif siswa kelas X di UPTD SMA Negeri 1 Mojo Kediri , gambaran umum kemampuan pengelolaan emosi siswa kelas X di UPTD SMA Negeri 1 Mojo Kediri dan mengetahui hubungan antara kemampuan pengelolaan emosi dengan perilaku agresif siswa kelas X UPTD SMA Negeri 1 Mojo Kediri. Penelitian ini ada dua variabel, yaitu variabel bebas (X) kemampuan pengelolaan emosi, dan variabel terikat (Y) perilaku agresif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif (data berwujud angka). Populasi penelitian adalah siswa kelas X UPTD SMA Negeri 1 Mojo Kediri sejumlah 277 siswa. Sampel diambil dari jumlah populasi dengan menggunakan formula Slovin dan didapat jumlah sampel sebanyak 73 siswa. Pengambilan sampel penelitian diambil dengan menggunakan simplerandom sampling. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data yaitu dengan angket langsung dan tertutup. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment untuk mencari hubungan antar 2 variabel. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil r-hitung = 0,36 sedangkan r-tabel = 0.2242 pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa r-hitung > r-tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pengelolaan emosi siswa dan perilaku agresif Siswa Kelas X UPTD SMAN 1 Mojo Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI