KEEFEKTIFAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS XI DI SMK PEMUDA PAPAR TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
SURULY INDRA S.
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0393
Abstract
ABSTRAK
SURULY INDRA SETIAWAN: Keefektifan Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI di SMK Pemuda Papar Kab Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Bimbingan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang pernah melaksanakan kegiatan PPL di sekolah tersebut, bahwa terdapat siswa yang tidak menaati peraturan sekolah seperti tidak memakai topi saat upacara bendera, melompat pagar sekolah, merokok dan membolos. Pada setiap siswa yang melakukan pelanggaran mereka merasa jenuh berada di sekolahan. Sehingga siswa melakukan pelanggaran tata tertib sekolah yang berakhibat prestasi belajar menurun.
Permasalahan penelitian ini adalah apakah teknik diskusi efektif untuk meningkatkan kedisiplinan pada siswa kelas XI SMK Pemuda Papar Kab Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian pre experimental dengan jenis one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMK Pemuda Papar Kab Kediri. Sampel yang dijadikan subyek penelitian ini adalah kelas XI APK 3. Untuk teknik analisa efektifitas data yang digunakan adalah teknik uji – t paired sample t-test.
Berdasarkan hasil output pada perhitungan analisis data mengunakan rumus paired sample t-Test diketahui bahwa t hitung > t tabel, yaitu -8,905 > 2.178, maka dapat dinyatakan teknik diskusi efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI APK 3 di SMK Pemuda Papar Kab Kediri. Hal ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan yakni “teknik diskusi efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI APK 3 SMK Pemuda Papar Kab Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, diterima”.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) pemberian bimbingan kelompok dengan teknik diskusi diberikan kepada siswa yang bertujuan untuk mengubah perilaku siswa yang awalnya memiliki kedisiplinan yang rendah menjadi meningkat, (2) teknik diskusi efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI SMK Pemuda Papar Kab Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.
Implikasi hasil penelitian tersebut adalah Teknik Diskusi efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya kedisiplinan siswa setelah diberikannya teknik diskusi. Dalam hal ini diperlukan kreatifitas konselor dalam pengembangan teknik diskusi, terutama berkaitan dengan kedisiplinan siswa di sekolah. Dengan begitu konselor tetap mampu mengontrol kedisiplinan siswa selama berada di sekolah.
KATA KUNCI : teknik diskusi, kedisiplinan.