PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SUGIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0389

Abstract

SUGIYAH : Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Interaksi Sosial Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam interaksi sosial, seseorang harus memiliki kecerdasan emosi (EQ) yang tinggi, karena merupakan bekal potensial yang akan memudahkan untuk berinteraksi sosial. Didalam menjalin interaksi satu sama yang lain diperlukan kemampuan untuk menetapkan dan mempertahankan suatu tujuan, untuk mengadakan penyesuaian dalam rangka mencapai tujuan itu, dan untuk menilai keadaan diri secara kritis dan objektif Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap interaksi sosial. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap interaksi sosial pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik penelitian ini adalah teknik korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Proses analisis data menggunakan analisis korelasi Pearson product moment untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh, dan apabila ada, berapa eratnya hubungan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 responden dari total populasi sebanyak 358 siswa. Hasil uji hipotesis dengan analisis korelasi Pearson product moment dengan bantuan IBM SPSS Statistic 21 menunjukkan ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap interaksi sosial. Hubungan tersebut ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi / r = 0,606, dengan Sig (2-tiled) = 0,000. Karena Sig (2-tiled) < 0,05 maka (Ho) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional mempengaruhi interaksi sosial. Semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi pula interaksi sosial. Sebaliknya semakin rendah kecerdasan emosional maka semakin rendah pula interaksi sosial.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI