PENGARUH MEDIA BK AUDIO VISUAL TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

HERJAM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0380

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di sekolah SMPN 1 Bandung, yang kemudian peneliti ingin mengetahui lebih jauh lagi pada SMPN 1 Bandung yang belum meratakan pada setiap pelajaran menggunkan media udio visul. Tohirin (dalam Mirandra, 2012:47), memaparkan media dalam bimbingan dan konseling menjadi satu komponen yang cukup vital dalam memberikan tambahan informasi untuk memenuhi kebutuhan siswa. Apabila merujuk dari fungsi pemahaman, yaitu agar individu mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya secara optimal dengan memahami berbagai informasi yang diperoleh. Penelitian ini merupakan penelitian yang pra eksperimental yaitu dengan jenis desain one group pretest dan posttest design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media bk audio visual terhadap efektivitas belajar pada siswa. Sampel penelitian ini adalah 46 siswa kelas VII SMPN 1 Bandung, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling teknik atau cara mengambil sampel berdasar pada rumpun atau kelompok. Hal ini dilakukan bila populasinya sangat luas sehingga kesulitan membuat daftar (Sugiyono, 2008: 80). Penelitian ini menggunakan skala sebagai alat ukur, yaitu skala efektifitas belajar yang disusun peneliti sendiri berdasarkan aspek-aspek efektifitas belajar antara lain peningkatan pengetahuan, peningkatan keterampilan, perubahan sikap, perilaku, kemampuan adaptasi, peningkatan integrasi, peningkatan partisipasi, peningkatan interaksi cultural. Skala efektifitas belajar nilai reliabilitas (Cronbach’s Alpha) = 0.932 dan terdiri dari 29 aitem. Analisa statistik dengan menggunakan uji-t dengan bantuan penghitungan IBM SPSS Statistic 21. Berdasarkan hasil analisa dengan nilai t hitung adalah -4,106 dan nilai signifikansi adalah 0,000. Dari hasil perhitungan diperoleh berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh t hitung = -4,106, sedangkan harga t tabel = -2,014 dengan derajat kebebasan (db) = N-1 = 46-1 = 45, pada taraf signifikan 5% adalah 2,014. Maka hasilnya t hitung > t tabel yaitu sebesar 4,106 > 2,014, jadi Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan efektiftas belajar antara sebelum pemberian perlakuan dengan sesudah pemberian perlakuan media BK audio visual.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI