HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI I BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
MUNARDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0371
Abstract
Munardi: Hubungan Keharmonisan Keluarga Dengan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri I Bandung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan manusia akan pentingnya pendidikan di masa depan. Masa depan seseorang banyak dipengaruhi oleh pendidikan yang ditempuhnya. Sementara keberhasilan pendidikan itu sendiri sangat ditentukan oleh kondisi psikologis orang tersebut. Sebagaimana kita tahu bahwa kondisi tersebut terbentuk oleh lingkungan dimana orang tersebut tinggal. Yaitu di lingkungan keluarga. Pertanyaan penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara keharmonisan keluarga dan keaktifan siswa disekolah ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kuantitatif. Karena alat ukur yang digunakan berupa angket yang menghasilkan data berupa angka. Yang menjadi Populasi penelitian ini ialah siswa SMK NEGERI I BANDUNG sejumlah 129 siswa. Sampel diperoleh melalui teknik random sampling pada siswa kelas X sebanyak 32 siswa.
Jenis penelitian ini mengunakan penelitian expo facto (Non Experiment), yang digunakan apabila data variabel sudah ada atau telah terjadi. Penelitian dimulai dengan memberikan angket Keharmonisan Keluarga kemudian dilanjutkan dengan observasi terhadap keaktifan siswa.
Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis statistik Product moment diperoleh rhitung sebesar 0,350 dan rtabelsebesar0,349. Disini rhitung 0,350 >rtabel0,349 Dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Keaktifan Siswa di Sekolah.