HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KAUMAN KAB. TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SITI KULIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0370
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa konsep diri yang rendah khususnya
pada para pelajar kelas VII SMP Negeri 1 Tulungagung ditandai anak merasa malu
atau kurang percaya diri karena kondisi tubuhnya dan selalu meragukan
kemampuan yang dimilikinya. Sedangkan adanya perbedaan penyesuaian diri
pada pelajar kelas VII, hal ini ditandai anak kurang bisa menjalin hubungan yang
baik dengan teman-temannya dan ada beberapa siswa yang kurang berpartisipasi
aktif dalam mengikuti kegiatan di sekolah. Tujuan dari penelitian adalah untuk
mengetahui data tentang konsep diri dan penyesuaian diri dan mendapatkan
informasi adakah hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran
2014/2015. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Adakah Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas VII
SMP Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015 ? ”.
Konsep diri adalah cara individu memandang dirinya sendiri secara keseluruhan baik secara fisik maupun secara psikologis. Penyesuaian diri adalah suatu proses yang bertujuan mengubah perilaku individu agar terjadi hubungan yang lebih baik yang sesuai dengan kondisi lingkungannya. Konsep diri sangat berpengaruh terhadap penyesuaian diri. Individu akan dikatakan sukses dalam melakukan penyesuaian diri jika ia yakin dan percaya diri dapat memenuhi kebutuhannya dengan cara-cara yang wajar dan dapat diterima oleh lingkungannya tanpa merugikan atau mengganggu orang lain. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah pelajar kelas VII SMP
Negeri 1 Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan analisa data uji korelasi Produk Moment Pearson dengan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan harga rhitung = 0.353 dan Sig. (2-tailed) =
0.038 maka 0.038< 0.05 sehingga H0 di tolak dan Ha diterima artinya ada hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2014/2015 di terima dengan tingkat keeratan hubungan yang rendah dengan arah positif.