PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 KAUMAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SRIYANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0368
Abstract
SRIYANAH: Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas 8 UPTD SMP Negeri 1 Kauman Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh kecanduan
game online terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas 8 UPTD SMP Negeri 1 Kauman ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui data tentang ada
tidaknya pengaruh kecanduan game online terhadap kemandirian belajar peserta
didik kelas 8 UPTD SMP SMP Negeri 1 Kauman Tahun Pelajaran 2014/2015. Untuk mengetahui pengaruh kecanduan game online terhadap kemandirian belajar
peserta didik kelas 8 UPTD SMP Negeri 1 Kauman tahun pelajaran 2014/2015
mengunakan analisis Pearsont Correlation, dengan pendekatan kuantitatif.
Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 responden dari peserta didik kelas 8
UPTD SMP Negeri 1 Kauman. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan instrumen
angket kuesioner kecanduan game online dan angket kuesioner kemandirian
belajar peserta didik.
Hasil pengujian hipotesis dengan analisis Pearson Correlation, uji
normalitas dan Regresi Linier Sederhana dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows
menunjukkan ada korelasi negatif antara kecanduan game online terhadap
kemandirian belajar peserta didik. Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap
Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas 8 UPTD SMP Negeri 1 Kauman Tahun
Pelajaran 2014/2015 ditunjukkan dengan diketahui bahwa nilai koefisien korelasi
sebesar -0,581 dan nilai probalilitas sebesar 0,000. Dengan kata lain, besarnya
pengaruh kecanduan game online terhadap kemandirian belajar peserta didik ialah
58,1%. Sedangkan sisanya disebabkan oleh faktor lain yang berasal dari luar
variabel yang diteliti. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini mengindikasikan
bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat
pengaruh signifikan antara kecanduan game online terhadap kemandirian belajar
peserta didik kelas 8 UPTD SMP Negeri 1 Kauman Tahun Pelajaran 2014/2015.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa
terhadap pengaruh negatif antara kecanduan game online terhadap kemandirian
belajar peserta didik Kelas 8 UPTD SMP Negeri 1 Kauman Tahun Pelajaran 2014/2015.