PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 KAUMAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SRIYANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0368

Abstract

SRIYANAH: Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas 8 UPTD SMP Negeri 1 Kauman Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UNP Kediri, 2015. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh kecanduan game online terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas 8 UPTD SMP Negeri 1 Kauman ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui data tentang ada tidaknya pengaruh kecanduan game online terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas 8 UPTD SMP SMP Negeri 1 Kauman Tahun Pelajaran 2014/2015. Untuk mengetahui pengaruh kecanduan game online terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas 8 UPTD SMP Negeri 1 Kauman tahun pelajaran 2014/2015 mengunakan analisis Pearsont Correlation, dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 responden dari peserta didik kelas 8 UPTD SMP Negeri 1 Kauman. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan instrumen angket kuesioner kecanduan game online dan angket kuesioner kemandirian belajar peserta didik. Hasil pengujian hipotesis dengan analisis Pearson Correlation, uji normalitas dan Regresi Linier Sederhana dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows menunjukkan ada korelasi negatif antara kecanduan game online terhadap kemandirian belajar peserta didik. Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas 8 UPTD SMP Negeri 1 Kauman Tahun Pelajaran 2014/2015 ditunjukkan dengan diketahui bahwa nilai koefisien korelasi sebesar -0,581 dan nilai probalilitas sebesar 0,000. Dengan kata lain, besarnya pengaruh kecanduan game online terhadap kemandirian belajar peserta didik ialah 58,1%. Sedangkan sisanya disebabkan oleh faktor lain yang berasal dari luar variabel yang diteliti. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kecanduan game online terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas 8 UPTD SMP Negeri 1 Kauman Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diatas dapat disimpulkan bahwa terhadap pengaruh negatif antara kecanduan game online terhadap kemandirian belajar peserta didik Kelas 8 UPTD SMP Negeri 1 Kauman Tahun Pelajaran 2014/2015.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI