UPAYA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SMP N 1 BINANGUN TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

IRRIN MUTA\'ALIMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0353

Abstract

Abstrak IRRIN MUTA’ALIMAH : Upaya Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Binangun Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2016. Masalah kesulitan belajar yang sering dialami oleh para peserta didik disekolah, merupakan masalah penting yang perlu mendapat perhatian yang serius dikalangan para pendidik. Dikatakan demikian, karena kesulitan belajar yang dialami para peserta didik di sekolah akan membawa dampak negatif baik terhadap diri anak itu sendiri maupun terhadap lingkungannya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan yang diambil oleh peneliti yaitu Untuk mengetahui pengaruh upaya layanan Bimbingan dan Konseling untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Negeri 1 Binangun. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Dan hasil yang diperoleh merupakan hasil kata-kata, gambaran dan bukan berupa angka-angka. Laporan penelitian tersebut berupa kutipan- kutipan data yang memberi gambaran penyajian. Terkait dengan penelitian ini yang dijadikan sumber data sekaligus informasi adalah kepala sekolah, dan guru bimbingan dan konseling. Dengan pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa teknik yakni menggunakan metode observasi, interview atau wawancara mendalam, pengamatan peran serta, dokumentasi. Dengan rancangan penelitian seperti yang dijelaskan di atas, peneliti memperoleh hasil bahwa pertama, penyebab siswa SMPN 1 Binangun adalah karena dua faktor yaitu (1) faktor lingkungan (2) faktor diri sendiri, kedua, upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa kesulitan belajar yaitu: (1) mengenali siswa yang mengalami kesulitan belajar. (2) memahami sifat dan jenis kesulitan belajarnya. (3) menetapkan latar belakang kesulitan belajar. (4) menetapkan usaha-usaha bantuan. (5) pelaksanaan bantuan. (6) tindak lanjut. Saran yang dapat penulis berikan bagi pihak sekolah, sebaiknya pihak sekolah berusaha memenuhi kebutuhan belajar siswa, baik fasilitas alat-alat belajar termasuk lebih memperbanyak buku-buku perpustakaan baik buku pelajaran atau buku bacaan yang dapat menunjang belajar siswa dan mengadakan bimbingan di sekolah kepada siswa (individu) untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Kata kunci : bimbingan konseling, kesulitan belajar siswa

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI