PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BINANGUN KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

YUDIONO EKO PRASETYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0352

Abstract

Abstrak YUDIONO EKO PRASETYO: Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Binangun Kabupaten Blitar, Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2016. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Minat Belajar Siswa Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti. Upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah melalui peran guru pembimbing dalam membantu siswa untuk mengembangkan minat belajar masih rendah, kebanyakan hanya menggunakan layanan konseling individual. Kegiatan bimbingan kelompok juga belum dilaksanakan secara intensif oleh guru pembimbing. Hal itu disebabkan karena kurangnya waktu, sehingga pelaksanaan kegiatan bimbingan kelompok yang belum bisa dilaksanakan dengan baik oleh guru pembimbing. Permasalahan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen (one group pretest and posttest design), disini subyek penelitiannya siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Binangun. Penelitian ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, yang pertama yaitu memvaliditas angket yang di gunakan untuk mengetahui valid tidaknya soal, yang kedua pemberian angket kepada siswa untuk mengetahui tingkat minat dan belajar siswa (pre test), yang ketiga pemberian perlakuan kepada siswa, yang ke empat pemberian kembali angket yang sama kepada siswa (post test). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan bimbingan kelompok ini menggunakan analisis t-test. Kesimpulan hasil penelitan ini adalah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap minat belajar siswa kelas VIII tahun pelajaran 2015/2016, yang ditunjukkan dari nilai hasil uji t diperoleh hasil dengan thitung N-1 = 41 sebesar 10,049. Jika dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh angka 1,682. Dengan demikian, thitung lebih besar dari ttabel (10,049 >1,682). Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: guru masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah strategi pemberian layanan bimbingan kelompok sesuai dengan karakteristik kebutuhan siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI