Pengaruh Teknik Karyawisata dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Komunikasi Siswa Kelas VII SMP N 1 Binagun Kabupaten Blitar Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016


Author (Penulis)

PARINGGA DWI YUSWANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0349

Abstract

Abstrak PARINGGA DWI YUSWANTO: Pengaruh Teknik Karyawisata Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Kecakapan Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri Binangun , Skripsi, BK, FKIP UNP Kediri, 2015. Kata kunci : Teknik Karyawisata, Kecakapan Sosial Siswa Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti. Dalam sekolah terdapat berbagai siswa yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, hal ini menjadikan siswa merasa kurang dalam berbicara sehingga sulit beradaptasi sehingga menyebabkan ketrampilan berbicaranya berkurang dan dapat menghambat siswa dalam berkomunikasi dengan baik. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan teknik karyawisata paserta didik kelas VII di SMP Negri 1 Binangun tahun pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimana interaksi kecakapan sosial yang terjadi pada paserta didik kelas VII di SMP Negri 1 Binangun tahun pelajaran 2015/2016? (3) Apakah ada pengaruh teknik karyawisata dalam bimbingan kelompok terhadap kecakapan sosial siswa kelas VII di SMP Negri 1 Binangun tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengambilan sampel dilakukan dengan penelitian ini menggunakan metode pra eksperimental atau Posttest-Only Control Design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk angket tertutup yang analisis datanya dilakukan dengan teknik karyawista yang dibantu dengan software SPSS versi 16.00. Kesimpulan dalam hasil penelitian ini adalah (1) Kecakapan sosial siswa menunjukkan hasil pre-test kelas VII di SMP Negri 1 Binangun tahun pelajaran 2015/2016 tergolong baik, hal ini dilihat dari tabel kriteria, dimana diketahui bahwa pada interval ketiga skor antara 65 - 88 dengan frekuensi 32 siswa atau 91,4%. (2) Kecakapan sosial siswa menunjukkan hasil post-test siswa kelas VII di SMP Negri 1 Binangun tahun pelajaran 2015/2016 tergolong baik, hal ini dilihat dari tabel kriteria, dimana diketahui bahwa pada interval ketiga skor antara 89 - 92 dengan frekuensi 30 siswa atau 85,7 %. (3) Ada pengaruh teknik karyawisata dalam bimbingan kelompok terhadap kecakapan sosial siswa kelas VII di SMP Negri 1 Binangun tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini berarti semakin baik kecakapan sosial siswa maka semakin baik juga kemampuan dalam berbicaranya. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Konselor hendaknya memberi dorongan atau arahan supaya siswa dapat meningkatkan kemampuan menggunakan metode karyawisata dalam kecakapan sosialnya dengan baik dan benar. (2) Guru hendaknya memberi dorongan kepada siswa ketika tampil atau berbicara di depan kelas untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berbicaranya. (3) Siswa hendaknya dapat menggunakan metode karyawisata supaya siswa mampu untuk lebih meningkatkan ketrampilan berbicaranya dengan baik dan benar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI