FAKTOR PENYEBAB PERILAKU INTERAKTIF SISWA KELAS I DAN UPAYA PENANGANAN DI SMKN 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
LILIK MURTING RETNO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0344
Abstract
Latar belakang penelitian disini adalah melihat ada anak yang tidak stabil emosinya, sulit diatur dan tidak mau diarahkan, gerakannya menurut kemauannya dan sering mengganggu teman-temannya. Guru menjadi kebingungan, akan memberikan sanksi apa kepada siswa itu agar dia mau duduk dengan tenang memperhatikan pelajaran dengan tekun sehingga pelajaran mudah diberikan.
Tujuan penelitian adalah :
1. Untuk mengetahui gejala-gejala anak hiperaktif pada siswa kelas I SMKN 1 Kediri tahun pelajaran 2013/2014
2. Ingin mengetahui bagaimana cara menangani anak hiperaktif.
3. Ingin memperoleh informasi tentang penyebab perilaku hiperaktif bagi siswa kelas I tersebut.
Hiperaktif merupakan turunan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD (Nakita, edisi 0629).
Upaya menangani anak Hiperaktif yaitu, menerima kondisi anak, memperbaiki perilaku anak, tetapi, menyediakan sarana. Metode yang dipakai untuk mengumpulkan data tentang gejala-gejala hiperaktif pada 2 siswa hiperaktif adalah dengan metode angket, sebagai pelengkap dan metode wawancara.
Sebagai teknis analisis datanya adalah dengan membandingkan antara teman orang tua dan guru dengan berbagai teori dan alternatif yang telah disebutkan diatas.
Penafsiran analisis data, berdasarkan data yang diperoleh terdapat kesesuaian, antara yang dilakukan orang tua dan guru, bahwa anak hiperaktif (ADHD) memiliki kekurangan, mereka cenderung untuk selalu bergerak yang dapat mengganggu lingkungan sekitar mereka bila tidak diarahkan.
Orang tua dan guru hendaknya selalu berkomunikasi untuk terus memantau perkembangan anak hiperaktif tersebut.
Berdasarkan gejala yang ada, maupun saran dari berbagai sumber, dan teori yang mendukung bahwa apabila di SMKN 1 Kediri terdapat 2 anak hiperaktif adalah hal yang wajar karena pada waktu masuk tidak diberikan test wawancara atau tes IQ.