HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII SMPN 2 NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

NURWIYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0343

Abstract

ABSTRAK Nurwiyati: Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMPN 2 Ngantru Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Kata kunci : kepercayaan diri, prokrastinasi akademik Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena prokrastinasi akademik yang terjadi di SMPN 2 Ngantru Tulungagung yang merupakan salah satu SMPN berprestasi di Kabupaten Tulungagung. Prokrastinasi akademik yang dilakukan siswa disebabkan beberapa hal seperti sibuk atau banyak kegiatan lain (50%), kurang memahami tugas (28%), malas (16%), dan menunggu batas akhir pengumpulan tugas (6%). Menunda mengerjakan tugas, menunjukkan bahwa para siswa belum dapat mengelola waktu belajar dengan baik. Permasalahan penelitian ini adakah hubungan kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMPN 2 Ngantru Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik siswa kelas kelas VIII SMPN 2 Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMPN 2 Ngantru Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah sampel sebanyak 75 siswa. Untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment pearson (r_xy) melalui program komputer program SPSS 20.0 for windows. Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar -0,799 dengan rtabel sebesar 0,227 dengan taraf signifikansi 5%, maka rhitung (-0,799) > rtabel (0,227), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik. Hasil koefisien korelasi sebesar -0,799 menunjukkan hubungan atau korelasi yang negatif antara kepercayan diri dengan prokrastinasi akademik. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang negatif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik siswa kelas kelas VIII SMPN 2 Ngantru Tulungagung tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian ini, siswa diharapkan memiliki kepercayaan diri yang tinggi pada usia remaja, karena hal tersebut berhubungan dengan prokrastinasi akademik. Mengingat bahwa kepercayaan diri penting untuk menjaga diri agar tidak terpengaruh kepada prokrastinasi akademik yang dapat merugikan diri siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI