PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP SIKAP SISWA TENTANG PENCEGAHAN BAHAYA NAPZA PADA KELAS VIII SMPN 2 NGANTRU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
SITI KUNAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0342
Abstract
ABSTRAK
Siti Kunayah: Pengaruh Layanan Informasi terhadap Sikap Siswa tentang Pencegahan Bahaya NAPZA pada siswa Kelas VIII di SMPN 2 Ngantru Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
Kata kunci : Layanan Informasi, Pencegahan Bahaya NAPZA
Salah satu usaha preventif untuk mencegah agar siswa tidak terlibat dalam penyalahgunaan NAPZA, maka pemberian layanan informasi kepada seluruh siswa dirasa sangatlah penting. Pemberian layanan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai akibat yang ditimbulkan dari penyalahgunaan NAPZA.
Permasalahan dalam penelitian ini adakah pengaruh layanan informasi terhadap sikap siswa tentang pencegahan bahaya NAPZA pada siswa kelas VIII SMPN 2 Ngantru Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah tehnik penelitian eksperimen dengan menerapkan One-Group Pretest-Posttest Design. Dalam desain ini terdapat pretest sebelum diberikan layanan informasi dan postest sesudah dibeirkan layanan informasi. Dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui, dengan membandingkan hasil (sikap siswa) sebelum dan sesudah diberikan layananan informasi.
Subyek penelitian ialah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 responden. Pengambilan sampel dengan cara Cluster Random Sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t test dengan menggunakan bantuan SPSS 20.0 for windows.
Hasil analisis data diperoleh nilai t-hitung = 11,655 sedangkan kriteria pengujian dengan df = 24 pada tabel taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel =1,710 atau 11,655 > 1,710, sehingga t hitung> t tabel. Hal ini berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh layanan informasi bterhadap siskap siswa tentang pencegahan bahaya NAPZA) pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Ngantru Kabupaten Tulungagung .