EFEKTIFITAS BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI MODEL DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
ANIK HIDAYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0334
Abstract
ANIK HIDAYAH, EFEKTIFITAS BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI MODEL DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2014/2015, Skripsi, Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2015
Bimbingan klasikal adalah layanan bantuan bagi siswa yang berjumlah antara 30-40 orang siswa (sekelas) melalui kegiatan klasikal yang disajikan secara sistematik, bersifat preventif dan memberikan pemahaman diri dan tentang pemahaman tentang orang lain yang berorientasi pada bidang pembelajaran, pribadi, sosial, dan karir dengan tujuan menyediakan informasi yang akurat dan dapat membantu individu untuk merencanakan pengambilan keputusan dalam hidupnya serta mengembangkan potensinya secara optimal.
Variabel dalam penelitian ini yaitu Bimbingan klasikal melalui model diskusi kelompok sebagai variabel bebas dan Meningkatkan kedisiplinan sebagai variabel terikat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantiatif, yang menjadi populasi adalah kelas VII di SMP Negeri 2 Trenggalek tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu 64 dari populasi yang berjumlah304siswa. Instrument penelitian ini adalah angket. Metode pengumpulan data dengan uji statistik dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment.
Hasilpenelitian ditemukan bahwa bimbingan klasikal melalui model diskusi kelompok efektif untuk peningkatan disiplin yang ditunjukkan dari hasil rhitung0,7592>rtabel0,244dengantaraf kepercayaan 95%, Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa bimbingan klasikal melalui model diskusi kelompok efektif untuk peningkatan disiplin siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2014/2015.