EFEKTIFITAS PENGGUNAAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGATASI ANAK MEMBOLOS PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 PULE KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
WAHYU KURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0333
Abstract
Layanan Konseling Perorangan atau Individual adalah merupakan salah satu pemberian bantuan secara perorangan dan secara langsung. Dalam cara ini pemberian bantuan dilakukan secara face to face relationship (hubungan muka ke muka, atau hubungan empat mata) antara konselor dengan individu yang terjadi ketika seorang konselor bertemu secara pribadi dengan klien untuk tujuan konseling. Ini adalah interaksi antara konselor dan konseli dimana banyak yang berfikir bahwa ini adalah esensi dari pekerjaan konselor. Konseling individu merupakan bentuk layanan yang paling utama dalam peaksanaan fungsi pengentasan masalah klien.
Variabel dalam penelitian ini yaitu Penggunaan konseling individu sebagai variabel bebas dan Mengatasi anak membolos sebagai variabel terikat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantiatif, yang menjadi populasi adalah kelas VII di SMP Negeri 1 Pule Kabupaten Trenggalek tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu 58dari populasi yang berjumlah 58siswa. Instrument penelitian ini adalah angket. Metode pengumpulan data dengan uji statistik denganmenggunakan rumus korelasi Product Moment.
Hasilpenelitian ditemukan bahwa penggunaan konseling individu efektif untuk mengatasi anak membolos yang ditunjukkan dari hasil rhitung0,7150>rtabel0,254 dengan taraf kepercayaan 95%, Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa penggunaan konseling individu efektif untuk mengatasi anak membolos pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pule Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2014/2015.