PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI SISWA DI MTS AL MUTAQUUN WATES KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

Jauhariyah
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0331P

Abstract

ABSTRAK Berbagai macam pola asuh yang diterapkan oleh orang tua yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mereka, dorongan mereka ketika belajar, pola asuh yang baik sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar meraka karena mereka merasa nyaman ketika di bimbing oleh orang tua mereka. Pola asuh yang baik dapat mempengaruhi kepribadian mereka sehingga jika mereka dapat belajar dengan teratur dan mudah dalam menggapai sebuah prestasi, sebaliknya pola asuh yang tidak baik akan mempengaruhi mereka dalam menggapai sebuah prestasi, karena dalam diri mereka terdapat perasaan yang tidak aman, sehingga semua itu dapat mempengaruhi kepribadian mereka, seorang anak jika memiliki kepribadian yang tidak baik sulit sekali dapat memberi motivasi pada anak tersebut sehingga semua itu dapat mempengaruhi prestasi belajar mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah eksperimental untuk mengetahui perbandingan antara pengaruh pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa di MTS Al Mutaquun Wates Kabupaten Kediri. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTS Al Mutaquun Wates Kabupaten Kediri tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 114 orang. Adapun sampel yang diambil sebesar 25% - nya dari populasi yang ada yaitu 60 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk angket (kuesioner) dan dokumentasi, dilanjutkan dengan validasi instrument menggunakan rumus Product Moment dari variabel pola asuh dengan prestasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan kedua variabel menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. hal ini terlihat dengan besarnya rxy yang diperoleh ini, yaitu : 0,605 ternyata terletak antara 0,40 . 0,70.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI