HUBUNGAN ANTARA RASA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMPN 1 SUMBER GEMPOL TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

HARTINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0330

Abstract

Kepercayaan diri yang dimiliki seseorang dapat meningkatkan harapan untuk meraih keberhasilan termasuk di dalamnya meningkatkan kemampuan menyelesaikan tugas dan mencapai prestasi setinggi- tingginya.Dengan adanya kepercayaan diri yang tinggi menumbuhkan kemampuan diri yang tinggi pula. Hampir setiap siswa pernah mengalami krisis kepercayaan diri dalam sepanjang proses belajarnya. Permasalahan penelitian ini adalah adakah hubungan antara rasa kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa kelas IX di SMPN 1 Sumber Gempol Tahun Pelajaran 2014/2015?. Berdasarkan analisis data penelitian menunjukkan korelasi (rxy) sebesar 0,457 dengan p = 0,005 (< 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan antara rasa kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 1 Sumber Gempol. Pada pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif dengan taraf signifikasi sedang antara rasa kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa. Dimana dari rasa kepercayaan diri tersebut dapat memberikan dampak positif pada motivasi belajar siswa sehingga prestasi siswa lebih baik dan optimal. Bagi orang tua supaya lebih memperhatikan kehidupan anaknya terutama dalam bidang belajarnya, karena pada masa belajar anak sangat butuh bimbingan orang tua, supaya nantinya anak bisa behasil dalam belajarnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-29

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI