PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA DARI KELUARGA BROKEN HOME (PECAH) DENGAN SISWA DARI KELUARGA HARMONIS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SITI SULAIKAH LATIF
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0328
Abstract
Siti Sulaikah Latif: Perbandingan Prestasi Belajar Antara Siswa Dari Keluarga Broken Home ( Pecah ) dengan Siswa Dari Keluarga Harmonis Pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Kedungwaru-Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/ 2015, Skripsi, Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2015.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil adanya perbedaan prestasi antara siswa dari siswa keluarga broken home dengan siswa dari keluarga harmonis, hal tersebut nampak karena pengaruh keadaan kondisi keluarga.
Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimanakah perbandingan prestasi belajar antara siswa dari keluarga broken home (pecah) dengan siswa dari keluarga harmonis pada siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru-Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015?.
Penelitian ini menggunakan pendektan Kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII SMPN 3 Kedungwaru. Penelitian satu siklus, memggunakan instrumen berupa dokumentasi.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan prestasi antara siswa dari keluarga broken home dengan siswa dari keluarga harmonis.(2) prestasi siswa dari keluarga harmonis besar daripada siswa dari keluarga broken home.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini bertujuan siswa hendaknya meningkatkan kesadaran dan usahanya dalam rangka meningkatkan prestasi belajarnya. Konselor, guru Mapel dan orang-orang terdekat siswa khususnya dari keluarga broken home memberikan motivasi agar siswa mampu meningkatkan prestasi belajarnya.