EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN MENGIKUTI PELAJARAN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
PRIYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0325
Abstract
PRIYONO, EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN MENGIKUTI PELAJARAN PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015, Skripsi, Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2015
Layanan bimbingan kelompok dimaksudkan untuk memungkinkan siswa secara bersama-sama memperoleh berbagai bahan dari narasumber (terutama guru pembimbing) yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari baik sebagai individu maupun sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat. Bimbingan kelompok dengan teknik role playing adalah salah satu cara untuk melatih siswa dalam meningkatkan kedisiplinan di sekolah. Peningkatan kedisiplinan di sekolah melalui role playing memberikan pembelajaran sekaligus praktek secara langsung pada siswa untuk menerapkan kedisiplinan.
Variabel dalam penelitian ini yaitu Penggunaan bimbingan kelompok melalui role playing sebagai variabel bebas dan Meningkatkan disiplin mengikuti pelajaran sebagai variabel terikat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantiatif, yang menjadi populasi adalah kelas VII di SMP Negeri 6 Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu126 dari populasi yang berjumlah 360 siswa. Instrument penelitian ini adalah angket. Metode pengumpulan data dengan uji statistik dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment.
Hasilpenelitian ditemukan bahwa pemberian bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan disiplin mengikuti pelajaran yang ditunjukkan dari hasil rhitung0,7138>rtabel0,176dengantaraf kepercayaan 95%, Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pemberian bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan disiplin mengikuti pelajaran pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 6 Tulungagung tahun ajaran 2014/2015.