PERBEDAAN “SELF ESTEEM”(HARGA DIRI) ANTARA SISWA KELAS XI JURUSAN IPA DAN IPS MA NEGERI 2 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
BIBIT PRAYOGA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0323
Abstract
Dalam dunia pendidikan persekolahan, self esteem secara wajar merupakan modal dasar yang sangat berharga. Bahwa menghargai diri sendiri secara tepat sangat penting dan menghargai diri sendiri untuk kepentingan pendidikan di sekolah member makna pada pencapaian prestasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) bagaimana self esteem siswa jurusan IPA, (2) bagaimana self esteem siswa jurusan IPS, (3) ada tidaknya Perbedaan “Self Esteem” (Harga Diri) Antara Siswa Kelas XI Jurusan IPA dan IPS MA Negeri 2 TulungagungTahun Pelajaran 2014/2015.
Variabel-variabel dalam penelitian ini yaitu Self Esteem siswa kelas XI jurusan IPAsebagai variabel bebas dan Self Esteem siswa kelas XI jurusan IPSsebagai variabel terikat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yang menjadi populasi adalah siswa kelas XI jurusan IPA dan IPS MA Negeri 2 Tulungagung. Sampel yang digunakan adalah Random Samplingyaitu 42 siswa dari masing-masing jurusan. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Metode pengumpulan data dengan menggunakan Korelasi r Product Moment. Dari 42 siswa kelas XI IPA diketahui tidak ada yang memiliki self esteem rendah. Sebagian besar memiliki self esteem sedang yaitu 34 siswa atau sebesar 80,95%, sedangkan siswa yang memiliki self esteem tinggi sebanyak 8 siswa atau sebesar 19,05%. Dan Dari 42 siswa kelas XI IPA diketahui tidak ada yang memiliki self esteem rendah. Sebagian besar memiliki self esteem sedang yaitu 24 siswa atau sebesar 57,14%, sedangkan siswa yang memiliki self esteem tinggi sebanyak 18 siswa atau sebesar 42,86%. Penelitian ini dilakukan di MA Negeri 2 Tulungagung.