PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 2 REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

SURIPTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0322

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, dengan adanya penetapan nilai minimal kelulusan peserta didik yang ditentukan oleh pemerintah, dengan demikian para orang tua dan siswa merasa perlu menambah jam belajar di luar jam belajar yang ada di sekolah. Dengan adanya bimbingan belajar di sekolah diharapkan dapat mengoptimalkan prestasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa besar prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Rejotangan (2) Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Rejotangan (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Rejotangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VII, VIII, IX. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner dan dokumentasi. Dalam penelitian ini target populasi subjek penelitian yaitu semua siswa SMP Negeri 2 Rejotangan yaitu sebanyak 106 siswa, Agar data yang diperoleh lebih valid maka peneliti mengambil sampel semua bagian dari populasi yaitu sebanyak 106 siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: Terlihat dari hasil penelitian menunjukkan siswa yang sangat setuju 86,8%, siswa yang menyatakan tidak setuju hanya 13,2%. Keadaan ini menunjukkan adanya kemauan siswa untuk mendapatkan bimbingan belajar sangat tinggi dalam meraih prestasi belajar. Atas dasar hasil penelitian yang telah dilakukan, dimana kedua variabel menunjukkan adanya pengaruh yang kuat, maka saran alternatif yang diberikan adalah (1) Untuk lebih ditingkatkan dalam frekuensi pemberian bimbingan belajar kepada siswa, agar siswa lebih mengerti dan memahami atas pelajaran yang diberikan (2) Senantiasa memberikan pelajaran ekstrakurikuler dalam menunjang kompetensi siswa dalam menghadapi peningkatan pelajaran yang semakin tinggi (3) Lebih menerapkan pembelajaran system analisis agar siswa mampu menelaah pelajaran yang ada.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-24

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI