EFEKTIFITAS MODEL KONSELING RASIONAL EMOTIF UNTUK MENGATASI BULLYING PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
YETY FEBRIANA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0321
Abstract
Yety Febriana Sari: Efektivitas Model Konseling Rasional Emotif Untuk MengatasiI Bullying Pada Siswa Kelas VIII Di SMP NEGERI 4 Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2015
Rasional Emotif adalah teori yang berusaha memahami manusia sengaimana adanya. Manusia adalah subjek yang sadar akan dirinya dan sadar akan objek objek yang dihadapinya. Manusia adalah makhluk berbuat da berkembang dan merupkan individu dalam satu kesatuan yang berarti manusia beas, berpikir, bernafas dan berkehendak. Bullying adalah sebuah situasi di mana terjadinya penyalahgunaan kekuatan/kekuasaan yang dilakukan oleh seseorang/sekelompok.
Variabel dalam penelitian ini yaitu Model konseling rasional emotif sebagai variabel bebas dan Mengatasi bullying sebagai variabel terikat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantiatif, yang menjadi populasi adalah kelas VIII di SMP Negeri 4 Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu 64 dari populasi yang berjumlah 300 siswa. Instrument penelitian ini adalah angket. Metode pengumpulan data denganuji statistik dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment.
Hasilpenelitian ditemukan bahwa model konseling rasional emotif efektifif untuk mengatasi bullying yang ditunjukkan dari hasil rhitung0,7399>rtabel0,254 dengantaraf kepercayaan 95%, Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa model konseling rasional emotif efektifif untuk mengatasi bullying pada siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015.