PERAN KONSELOR DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI DI SMK BHAKTI MULIA PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Author (Penulis)

DYAH AYU PERWITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0319

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa siswa kelas XI di SMK Bhakti Mulia Pare Tahun Pelajarn 2014/2015 , minim ilmu tentang minat jabatan. Padahal pada usia SMA perkembangan konsep diri siswa perlu diarahkan untuk pemahaman dunia kerja (karir). Bahkan sebagian besar dari siswa tersebut seolah masa bodoh terhadap karir mereka di hari esok. Dan sebagian lagi mengaku ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang penjabaran minat jabatan (karir), namun guru kurang menjembatani hal tersebut. Permasalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara konsep diri dengan minat jabatan pada siswa kelas XI di SMK Bhakti Mulia Pare Tahun Pelajarn 2014/2015 ,? Penelitian dalam bentuk skripsi ini menggunakan metode korelasional dengan subyek siswa kelas XI di SMK Bhakti Mulia Pare Tahun Pelajarn 2014/2015 ,, dari populasi kelas XI, hanya diambil 40 siswa sebagai subyek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner (angket). Angket berisi 40 soal, terdiri dari 20 soal konsep diri dan 20 soal minat jabatan. Setelah hasil angket diolah menjadi angka, maka dengan rumus product moment angka tersebut diolah lagi untuk memperoleh hasil akhir. Hasil akhir itu disebut r hitung, kemudian r hitung akan dibandingkan dengan r tabel pada N=40. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri siswa dengan minat jabatan pada siswa kelas XI di SMK Bhakti Mulia Pare Tahun Pelajarn 2014/2015 ,”, dengan hasil r hitung 0,659 > r tabel 0,312 dengan taraf signifikan 95% (0,659 > 0,312). Dengan demikian hipotesis alternatif diterima, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri siswa dengan minat jabatan pada siswa kelas XI IPS 1 di SMK Bhakti Mulia Pare Tahun Pelajarn 2014/2015 , Berdasarkan simpulan penelitian, maka direkomendasikan bagi pihak sekolah untuk dapat memberikan kesempatan yang lebih luas lagi bagi perkembangan bimbingan di sekolah khususnya pada bimbingan karier. Dengan demikian siswa akan lebih berpeluang lagi untuk mengetahui informasi- informasi karier berkenaan dengan jenis-jenis jabatan yang ada di masyarakat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-04-26

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI