HUBUNGAN ANTARA KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KEMATANGAN EMOSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
SRI ANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0314
Abstract
Sri Andari: Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dengan Kematangan Emosi Siswa Kelas VII SMP Negeri I Rejotangan Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015, Skripsi, Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri. 2015
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa keharmonisan keluarga sangat dibutuhkan anak atau siswa karena keluarga merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama bagi anak. Selain itu keluarga juga merupakan fondasi primer bagi perkembangan anak, karena keluarga merupakan tempat anak untuk menghabiskan sebagian besar waktunya dalam kehidupannya serta untuk meningkatkan kematangan emosi pada anak.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Hal tersebut dilakukan karena peneliti ingin mendapatkan data secara akurat agar dapat menganalisis data secara memuaskan, selain itu untuk memudahkan mendapatkan informasi yang luas dari suatu populasi sesuai dengan kebutuhan.
Untuk mendapatkan data ini digunakan angket tertutup yang disebarkan kepada responden berdasarkan sampel sebanyak 30 siswa dari banyaknya populasi responden 127 siswa dengan menggunakan system acak. Angket ini berisi 25 item pernyataan dengan 4 indikator yaitu keharmonisan keluarga dalam konsep hidup, dalam status sosial dan menentukan sikap/prilaku, dalam konteks agama, serta keharmonisan keluarga dalam mengubah emosi anak.
Dari hasil perhitungan korelasi product moment di peroleh r hitung 0,914 dengan N=30 dan r tabel 0,361 berarti r hitung >r tabel. Temuan ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara keharmonisan keluarga dengan kematangan emosi siswa. Mengingat dengan taraf kepercayaan 99% data yang diperoleh mendukung hipotesis alternatif maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara keharmonisan keluarga dengan kematangan emosi siswa kelas kelas VII SMP Negeri 1 Rejotangan Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2014/2015.