EFEKTIFITAS PENGGUNAAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MENGATASI BULLYING PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 6 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Author (Penulis)
EMI SULISTYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0313
Abstract
Layanan Konseling Perorangan atau Individual adalah merupakan salah satu pemberian bantuan secara perorangan dan secara langsung. Dalam kegiatan ini pemberian bantuan dilakukan secara face to face relationship (hubungan muka ke muka, atau hubungan empat mata) antara konselor dengan individu yang terjadi ketika seorang konselor bertemu secara pribadi dengan klien untuk tujuan konseling. Ini adalah interaksi antara konselor dan konseli dimana banyak yang berfikir bahwa ini adalah esensi dari pekerjaan konselor. Konseling individu merupakan bentuk layanan yang paling utama dalam peaksanaan fungsi pengentasan masalah klien.
Variabel dalam penelitian ini yaitu Penggunaan konseling individu sebagai variabel bebas dan Mengatasi bullying sebagai variabel terikat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantiatif, yang menjadi populasi adalah kelas VII di SMP Negeri 6 Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu 54 dari populasi yang berjumlah 360 siswa. Instrument penelitian ini adalah angket. Metode pengumpulan data dengan uji statistik dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment.
Hasil penelitian ditemukan bahwa bimbingan konseling individu efektifif untuk mengatasi bullying yang ditunjukkan dari hasil rhitung0,4842>rtabel0,266dengantaraf kepercayaan 95%, Ha diterima.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa bimbingan konseling individu efektifif untuk mengatasi bullying pada siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015.