KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MEDIA DISPLAY UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA PASIF KELAS X SMK NEGERI 1 NGASEM TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
ELSA SEPTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0304
Abstract
KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MEDIA DISPLAY UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA PASIF KELAS X SMK NEGERI 1 NGASEM TAHUN AJARAN 2016/2017
Elsa Septiana
12.1.01.01.0304
FKIP- Bimbingan dan Konseling
elsaseptiana154@gmail.com
Dr. Atrup, M.Pd, MM dan Risaniatin Ningsih, S.Pd, M.Psi
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Elsa Septiana: Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Media Display Untuk Meningkatkan Percaya Diri Pada Siswa Pasif Kelas X SMK Negeri 1 Ngasem Tahun Ajaran 2016/2017
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih ada siswa yang kurang percaya diri. Akibatnya siswa tersebut pendiam, pasif atau mengisolasikan diri mereka dalam hampir semua aktifitas di dalam kelas.
Pertanyaan penelitian ini adalah apakah bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik media display efektif dalam meningkatkan percaya diri siswa pasif kelas X TPM?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design). Subyek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa, yang semuanya kelas X. Penelitian ini dilaksanakan dalam 6 kali yaitu 3 kali fase baseline dan 3 kali fase intervensi, menggunakan instrumen berupa satuan layanan bimbingan kelompok, lembar observasi percaya diri, pedoman wawancara.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah teknik media display dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan percaya diri pada siswa pasif. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah bagi guru BK dapat digunakan alternatif dalam pemberian layanan bimbingan kelompok agar siswa lebih percaya diri.
KATA KUNCI : Media Display, Bimbingan Kelompok, Percaya Diri