KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MEDIA DISPLAY UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA PASIF KELAS X SMK NEGERI 1 NGASEM TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ELSA SEPTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0304

Abstract

KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MEDIA DISPLAY UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA PASIF KELAS X SMK NEGERI 1 NGASEM TAHUN AJARAN 2016/2017 Elsa Septiana 12.1.01.01.0304 FKIP- Bimbingan dan Konseling elsaseptiana154@gmail.com Dr. Atrup, M.Pd, MM dan Risaniatin Ningsih, S.Pd, M.Psi UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Elsa Septiana: Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Media Display Untuk Meningkatkan Percaya Diri Pada Siswa Pasif Kelas X SMK Negeri 1 Ngasem Tahun Ajaran 2016/2017 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa masih ada siswa yang kurang percaya diri. Akibatnya siswa tersebut pendiam, pasif atau mengisolasikan diri mereka dalam hampir semua aktifitas di dalam kelas. Pertanyaan penelitian ini adalah apakah bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik media display efektif dalam meningkatkan percaya diri siswa pasif kelas X TPM? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dengan menggunakan desain SSD (Single Subject Design). Subyek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa, yang semuanya kelas X. Penelitian ini dilaksanakan dalam 6 kali yaitu 3 kali fase baseline dan 3 kali fase intervensi, menggunakan instrumen berupa satuan layanan bimbingan kelompok, lembar observasi percaya diri, pedoman wawancara. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah teknik media display dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan percaya diri pada siswa pasif. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah bagi guru BK dapat digunakan alternatif dalam pemberian layanan bimbingan kelompok agar siswa lebih percaya diri. KATA KUNCI : Media Display, Bimbingan Kelompok, Percaya Diri

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI