Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pakel Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

PEGI YOGA PRATAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0302

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi dan wawancara dengan konselor sekolah. Dalam kegiatan belajar mengajar dikelas tidak ada partisipsi dari siswa karenan merasa malu akan hasil belajar siswa sehingga kelas terasa pasif karena tidak ada komunikasi antara siswa dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Pakel tahun ajaran 2016/2017. Penilitian ini menggunakan teknik pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel Proportional Random Sampling. Alat ukur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi dan menggunakan Product Moment Person untuk menganalisis data dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 20.0 for Windows. Hasil analisis data diketahui siswa memiliki kepercayaan diri yang sedang ditunjukan dengan nilai rata-rata sebesar 180,62. Sedangkan nilai rata-rata komunikasi interpersonal siswa sebesar 133,87 dengan demikian masukdalam kategori sedang. Pada uji korelasi antara kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal diperoleh ? r?_xyhitung 0,485. Hal ini beratri lebih besar dari ? r?_xytabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,254. Sehingga dapat disimpulakan terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakel tahun ajaran 2016/2017.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI