PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP IDENTITAS DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PAWYTAN DAHA 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
DENI KURNIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0301
Abstract
ABSTRAK
Deni Kurniawan : Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Identitas Diri Peserta Didik Kelas VII SMP Pawytan Daha 1 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa di SMP Pawyatan Daha terdapat beberapa siswa yang masih melakukan sesuatu berdasarkan ikut-ikutan teman bukan berdasarkan dari dirinya sendiri. Contohnya seperti ketika seorang teman memiliki masalah dengan suatu geng kemudian memicu terjadinya perkelahian maka teman-temannya yang lain akan ikut-ikutan berkelahi dengan maksud membela teman padahal mereka tidak tau apa permasalahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap identitas diri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik kausal komparatif atau ex-post facto. Populasi penelitian berjumlah 185, dan sample berjumlah 47 subyek penelitian siswa kelas VII SMP Pawytan Daha 1 Kediri. Pengambilan data menggunakan instrumen angket teman sebaya dan identitas diri kemudian berdasarkan hasil dari penyebaran angket didapati bahwa teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap identitas diri peserta didik kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji korelasi product moment didapat hasil nilai rhitung ≥ rtabel atau 0,295 ≥ 0,288. Hal ini memiliki arti bahwa ada pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap identitas diri peserta didik kelas VII SMP Pawyatan Daha 1 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 hasil ini didukung dengan uji regresi linier sederhana yang diperoleh R Square dengan hasil 0,087. Hal ini memiliki arti bahwa besarnya pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap identitas diri sangat lemah. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, jadi dengan demikian ?Ada Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Identitas Diri Peserta Didik Kelas VII SMP PAWYATAN DAHA 1 Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017?.
Berdasar pada kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap identitas diri peserta didik. (2) Guru diharapkan terus mengawasi dan memberi nilai-nilai norma pembelajaran dan nasehat yang positif sehingga peserta didik mempunyai prinsip dan identitas diri mereka sendiri meskipun mereka berteman dengan teman sebaya yang kurang baik.
Kata Kunci : pergaulan teman sebaya, identitas diri