Keefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri menghadapi guru siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017
Author (Penulis)
DARWANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0298
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah banyak siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wates terdapat siswa yang
masih kurang percaya diri dalam berinteraksi dengan guru.Kurang memiliki percaya diri yaitu kurang
mandiri, berfikir negatif terhadap dirinya sendiri, kurang memiliki keberanian untuk bertindak, dan
tidak yakin atas kemampuan diri. Upaya dilakukan untuk memecahkan masalah dengan melakukan
penelitian teknik sosiodrama, bertujuan untuk meningkatkan percaya diri menghadapi guru di kelas.
Permasalah penelitian ini yaitu efektifkah teknik sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri siswa
menghadapi guru. Sosiodrama menurut Djalali (1986:62) yaitu suatu teknik dalam bimbingan, untuk
memecahkan masalah sosial yang dihadapi oleh individu dengan jalan bermain peran. Percaya diri
(selfconfidence) adalah keyakinan seseorang akan kemampuan yang dimiliki untuk melakukan sesuatu
atau menunjukkan penampilan tertentu (Pudjiastuti A, 2010:40). Adanya teknik sosiodrama siswa
dapat mempraktekkan keterampilan bahasa, mengekspresikan emosi sesuai masalah yang dihadapi
sehingga dapat melihat perkembangan dari perilaku yang diinginkan itu percaya diri menghadapi guru.
Hasil analisis data uji t menunjukkan tingkat percaya diri menghadapi guru terjadi peningkatan dari
mayoritas kategori rendah menjadi mayoritas kategori tinggi. Simpulan penelitian ini yaitu tingkat
percaya diri menghadapi guru terjadi peningkatan.Teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan
percaya diri menghadapi guru siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wates Tahun 2016/2017. Berdasarkan
simpulan hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada guru BK dengan menggunakan teknik
sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri siswa menghadapi guru.
Kata kunci: sosiodrama, percaya diri menghadapi guru