Keefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri menghadapi guru siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

DARWANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0298

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyak siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wates terdapat siswa yang masih kurang percaya diri dalam berinteraksi dengan guru.Kurang memiliki percaya diri yaitu kurang mandiri, berfikir negatif terhadap dirinya sendiri, kurang memiliki keberanian untuk bertindak, dan tidak yakin atas kemampuan diri. Upaya dilakukan untuk memecahkan masalah dengan melakukan penelitian teknik sosiodrama, bertujuan untuk meningkatkan percaya diri menghadapi guru di kelas. Permasalah penelitian ini yaitu efektifkah teknik sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri siswa menghadapi guru. Sosiodrama menurut Djalali (1986:62) yaitu suatu teknik dalam bimbingan, untuk memecahkan masalah sosial yang dihadapi oleh individu dengan jalan bermain peran. Percaya diri (selfconfidence) adalah keyakinan seseorang akan kemampuan yang dimiliki untuk melakukan sesuatu atau menunjukkan penampilan tertentu (Pudjiastuti A, 2010:40). Adanya teknik sosiodrama siswa dapat mempraktekkan keterampilan bahasa, mengekspresikan emosi sesuai masalah yang dihadapi sehingga dapat melihat perkembangan dari perilaku yang diinginkan itu percaya diri menghadapi guru. Hasil analisis data uji t menunjukkan tingkat percaya diri menghadapi guru terjadi peningkatan dari mayoritas kategori rendah menjadi mayoritas kategori tinggi. Simpulan penelitian ini yaitu tingkat percaya diri menghadapi guru terjadi peningkatan.Teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan percaya diri menghadapi guru siswa kelas IX SMP Negeri 1 Wates Tahun 2016/2017. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini dapat direkomendasikan kepada guru BK dengan menggunakan teknik sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri siswa menghadapi guru. Kata kunci: sosiodrama, percaya diri menghadapi guru

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI