HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII SMPN 1 PRAMBON KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

LAILA NIDA'UL HIKMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0290

Abstract

ABSTRAK Laila Nida’ul Hikmah: Hubungan antara Komunikasi Interpersonal dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMPN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman di lapangan yang menunjukkan masih adanya siswa yang memiliki penyesuaian diri yang kurang, sehingga siswa akan mengalami permasalahan penyesuaian diri dengan guru, teman, mata pelajaran, serta menunjukkan perilaku negatif. Dengan komunikasi interpersonal yang baik sebagai salah satu faktor pendukung dalam penyesuaian diri siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMPN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah penyesuaian diri siswa kelas VIII SMPN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016? (3) Adakah hubungan antara komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri siswa?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian korelasional dan pendekatan penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil 64 siswa dari 128 siswa kelas VIII SMPN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket komunikasi interpersonal dan penyesuaian diri. Analisis data menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan Micrososft Excel 2007. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMPN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 mayoritas tinggi. (2) Penyesuaian diri siswa kelas VIII SMPN 1 Prambon Kabupaten Nganjuk tahun pelajaran 2015/2016 mayoritas tinggi. (3) Ada hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan penyesuaian diri siswa. Ditunjukkan dari hasil analisis data menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment, bahwa r hitung (0,266) > r tabel (0,244) pada taraf signifikan 5% sehingga signifikan akibatnya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Diharapkan siswa dapat meningkatkan komunikasi interpersonal sehingga siswa dapat menyesuaikan diri dengan baik di lingkungan sekolahnya. (2) Guru BK/konselor harus memperhatikan komunikasi interpersonal siswa, memberikan layanan khususnya layanan preventif (pencegahan), memberikan bimbingan dan konseling pada siswa, agar siswa tidak mengalami masalah penyesuaian diri, serta agar siswa dapat meningkatkan penyesuaian diri di lingkungan sekolahnya. (3) Orang tua juga diharapkan ikut berperan membantu memberikan motivasi, dorongan, dan perhatian terhadap anak dalam kehidupan sehari-hari, untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada anak dan selalu mengajak komunikasi yang baik dengan anak. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal, Penyesuaian Diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI