PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP MINAT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KEDIRI DALAM MENGIKUTI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING


Author (Penulis)

SIGIT KARYA UTAMA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0288

Abstract

Abstrak SIGIT KARYA UTAMA, Pengaruh Permainan Ular Tangga terhadap Minat Siswa dalam Mengikuti Layanan Bimbingan dan Konseling, Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Mei, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa permainan dapat menumbuhkan minat siswa atau malah sebaliknya. Karena dikhawatirkan pemberian permainan dalam layanan akan mengganggu proses belajar siswa. Di SMP Negeri 5 Kediri, siswa kurang suka mengikuti layanan bimbingan dan konseling karena proses pemberian layanan yang dianggap biasa-biasa saja dan membuat siswa merasa jenuh untuk mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Hal itu berkaitan dengan minat siswa yang yang kurang dalam hal mengikuti layanan sehingga siswa tidak berhasil dalam mencapai prestasi. Siswa yang memiliki minat yang tinggi maka akan memiliki keberhasilan dalam prestasi ketimbang yang kurang memiliki minat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh permainan ular tangga terhadap minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII yang kurang berminat mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara pre-eksperimen pretest-posttest one-group yaitu dengan memberikan skala sebelum diberi perlakuan dan diberi skala lagi setelah diberi perlakuan, lalu hasilnya dibandingkan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel populasi yang terdiri dari 10 siswa. Hasil penelitian berdasarkan uji wilcoxon menyatakan bahwa tidak ada siswa yang mengalami penurunan nilai test, minat siswa semakin naik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan layanan permaianan. Sedangkan hasil statistik 2-tailed dengan signifikansi hitung sebesar 0.005 lebih kecil dari signifikansi batas 0.05 maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan ular tangga terhadap minat siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jika dalam layanan disajikan dalam bentuk permainan maka minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya layanan bimbingan dan konseling dapat meningkat sehingga siswa berhasil dalam belajar dan berprestasi. Kata Kunci : Permainan Ular Tangga, Minat Siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI