studi kasus manajemen diri dalan meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI teknik komputer dan jaringan (TKJ) smk pemuda papar tahun 2015/2016


Author (Penulis)

BAYU FAJAR ZULMI ARTAWIDDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0283

Abstract

ABSTRAK BAYU FAJAR ZULMI ARTAWIDDI: Studi Kasus Manajemen Diri Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SMK Pemuda Papar Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri 2017. Kata kunci:Kedisiplinan, perilaku, tata tertib, motivasi. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengetahuan dan pengalaman peneliti, bahwa pendidikan kedisiplinan itu tidak hanya diperoleh dari pendidik formal, melainkan dapat pula diperoleh dari berbagai lingkungan, baik keluarga, sekolah, masyarakat, media elektonik, cetak serta pendidikan non formal. Permasalahan peneliti adalah (1) Bagaimana deskirpsi manajemen diri siswa dikelas XI SMK Pemuda Papar Kabupaten Kediri? (2) Bagaimana deskirpsi kedisiplinan siswa dikelas XI SMK Pemuda Papar Kabupaten Kediri? Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Data penelitian melalui wawancara kepada empat subjek. Analisis data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan mengulasi sumber data, teori dan metodologi Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) akan lebih baik jika siswa mampu mengendalikan dan mengatur waktu secara konsisten, bukan malah dikendalikan dan diatur oleh waktu itu sendiri. Untuk itulah kesadaran penuh siswa tentang arti pentingnya waktu sangat dibutuhkan. (2) kedisiplinan siswa berawal dari menata waktu dalam hidupnya dengan matang dan bermanfaat secara maksimal. Agar disiplin bisa kita miliki, maka lakukan sesuatu pekerjaan dengan teratur, waktu dan tempatnya, serta dikerjakan dengan penuh kesadaran dan rasa tanggungjawab. (3) tata tertib sekolah merupakan pegangan setiap warga sekolah dan orang tua, untuk menciptakan iklim serta kultur sekolah yang mendukung pembentukan kepribadian dan pengembangan potensi siswa dari proses pembelajaran. Oleh karena itu, tata tertib dan peraturan sekolah harus disusun dengan benar dan dievaluasi terus menerus sehingga dapat berfungsi untuk membentuk akhlak mulia dan budi pekerti luhur serata meningkatkan prestasi belajar siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI