EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LOCERET TAHUN PELAJARAN 2016-2017


Author (Penulis)

TRUBUS WICAKSONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0281

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti dan informasi dari guru BK di SMA Negeri 1 Loceret, dari informasi tersebut diketahui bahwa siswa di sana mengalami masalah dalam hal komunikasi interpersonal terutama dalam menyampaikan permasalahan pribadi dan sosialnya kepada teman dan guru. Akibatnya masih banyak ditemukan siswa yang komunikasi interpersonalnya rendah. Permasalahan peneliti ini adalah Apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMA Negeri 1 loceret. Homeroom adalah suatu progam kegiatan yang dilakukandengan tujuan agar guru dapat mengenal peserta didiknya lebih baik, sehingga dapat membantunya secara efisien.komunikasiinterpersonal sebagai komunikasi antara orang-orang secara tatap muka,yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung baik secara verbal maupun non verbal. Sehingga teknik homeroom merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk memberikan layanan bimbingan kelompok di sekolah yang diberikan oleh konselor dengan menciptakan kondisi sekolah/kelas seperti di rumah sehingga tercipta kondisi yang bebas dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian adalah pre experiment design dengan jenis one group pre-test and post-test design. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pemberian pre-test menggunakan instrumen berupa angket komunikasi interpersonal, pemberian treatment bimbingan kelompok dengan teknik homeroom dan pemberian post-test dengan menggunakan instrumen berupa angket komunikasi interpersonal dan RPLBK. Populasi yang dijadikan subyek penelitian berjumlah 35 siswa kelas X SMAN 1 Loceret. Untuk teknik analisa data yang digunakan adalah teknik uji t. hasil penelitian ini adalah komunikasi interpersonal siswa terjadi peningkatan rata - rata memiliki kemampuan komunikasi interpersonal rendah menjadi tinggi.Bimbingan kelompok dengan teknik homeroom efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa kelas X Di SMA Negeri 1 Loceret.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan pada siswa untuk memahami bagaimana komunikasi yang baik dan benar dan guru BK perlu mengoptimalkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa, hendaknya dalam proses pemberian layanan kepada siswa yang mempunyai komunikasi rendah yaitu dengan bimbingan kelompok teknik homeroom. Kata kunci : bimbingan kelompok teknik homeroom, komunikasi interpersonal.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI