EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

TUTUS DUWI ULAN YUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0277

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti di SMP Negeri 8 Kediri bahwa ada beberapa siswa yang melakukan perilaku bullying, seperti adanya siswa yang suka mengganggu dan memukul siswa yang lebih lemah, siswa yang mengejek dengan perkataan kasar dan kotor sampai menangis, siswa yang memanggil dengan julukan buruk, siswa sering mengucilkan dan merendahkan teman lebih lemah. Permasalahan penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk mengurangi perilaku bullying siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri tahun pelajaran 2016/2017? Variabel bebas dari penelitian adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama (X) dan variabel terikatnya perilaku bullying (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian pre-experimental design dengan jenis one group pre-test dan post-test design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII SMPN 8 Kediri. Sedangkan sampel yang dijadikan subjek penelitian adalah kelas VIII-K. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Adapun hasil analisis uji-t yang diperoleh thitung= 11,485 dan ttabel= 2,045 dengan derajat kebebasan (df) 30 dan taraf Sig. (2-tailed) 0,000. Sehingga thitung= 11,485 > ttabel= 2,045 yang artinya layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk mengurangi perilaku bullying siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Jumlah perilaku bullying siswa terjadi penurunan yaitu mayoritas berada di kategori sedang menjadi kategori rendah. (2) Layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk mengurangi perilaku bullying siswa kelas VIII-K SMP Negeri 8 Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Konselor hendaknya diberikan pelatihan khusus mengenai penggunaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. (2) Siswa hendaknya mampu mengikuti pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dengan baik agar siswa mengetahui dampak buruk mengenai perilaku bullying. (3) Peneliti selanjutnya perlu menumbuhkan ide kreatif dan inovatif dalam pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk membantu mengurangi perilaku bullying siswa. Kata Kunci: layanan bimbingan kelompok, teknik sosiodrama, perilaku bullying

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI