KEEFEKTIFAN METODE INSIDE - OUTSIDE - CIRCLE DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM NGORO JOMBANG TAHUN AJARAN 2016 - 2017
Author (Penulis)
ERINA ASTRADITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0271
Abstract
ABSTRAK
Erina Astradita: Keefektifan Metode Inside – Outside – Circle dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Interaksi Sosial pada Siswa Kelas VIII – B SMP Islam Ngoro Jombang Tahun Ajaran 2016-2017, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2016.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Islam Ngoro Jombang yang menunjukkan bahwa pada kelas VIII – B mempunyai kemampuan interaksi sosial rendah. Melalui metode Inside – Outside – Circle dalam bimbingan kelompok diharapkan rendahnya interaksi sosial siswa dapat ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan dalam meningkatkan interaksi sosial dan mencari keefektifan metode Inside – Outside – Circle dalam bimbingan kelompok.
Pertanyaan penelitian ini adalah apakah metode Inside – Outside – Circle dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah SSR (Single Subjek Research) dengan subjek penelitian berjumlah 2 siswa dan dari kelas VIII-B. Penelitian dilaksanakan dalam 6 kali yaitu 3 kali fase baseline dan 3 kali fase intervensi. Subjek membacakan ulang sebuah cerita kepada siswa yang berada di depannya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang sederhana.
Simpulan dari penelitian ini adalah metode Inside – Outside – Circle dalam bimbingan kelompok efektif meningkatkan interaksi sosial siswa VIII – B SMP Islam Ngoro Jombang.
Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah dapat digunakan alternatif dalam pemberian layanan bimbingan klasikal namun harus lebih bervariasi lagi agar siswa tidak bosan dalam mengikuti layanan tersebut, bisa dijadikan metode bermain siswa saat bersama teman-temannya agar interaksi sosial bisa di tingkatkan dan metode bermain ini dapat dikenal oleh semua siswa.
KATA KUNCI : Inside – Outside – Circle, Bimbingan Kelompok, Interaksi Sosial.