Keefektifan konseling Kelompok Realita teknik wdep untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik Kelas VIII SMP Islam Tanen Rejotangan tahun pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

ANA NUR JANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0270

Abstract

Abstrak Ana Nurjanah: Keefektifan Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan kedisiplinan siswa Kelas VIII di SMP Islam Tanen Rejotangan Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2012. Kata kunci: konseling kelompok realita, kedisiplinan peserta didik. Konseling kelompok realita merupakan salah satu pendekatan konseling yang dapat mengurangi pelanggaran kedisiplinan siswa yang di tandai dengan pelanggaran dari segi fisik dan pelanggaran dari segi perilaku. Dengan adanya konseling kelompok realita ini di harapkan siswa akan lebih bertanggung jawab pada dirinya sendiri dan menjadi pribadi yang tidak mengabaikan dari 3-R (right, responbility,reality). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan data yang akurat mengenai keefektifan konseling kelompok realita untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Islam Tanen Rejotangan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/1017. Penelitian ini menggunakan teknik quasy-experimental design (eksperimen semu) dengan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas VIII SMP Islam Tanen Rejotangan sejumlah 10 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu 5 siswa dari kelas kontrol dan 5 siswa kelas eksperimen. Penelitian dilaksanakan dalam lima sesi konseling, menggunakan instrumen skala kedisiplinan pretest dan posttest konsentrasi belajar siswa. Hasil analisis data akhir dilakukan dengan menggunakan uji statistik non parametrik yaitu wilcoxon signed rank test dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,043 dengan N 5 dan taraf probabilitas menunjukkan bahwa 0,05. Serta nilai probabilitas 0,043 < 0,05, akibatnya Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti ada perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan saran yang perlu dikemukakan adalah hendaknya oleh guru bimbingan dan konseling dapat dijadikan sumber bahan untuk meningkatkan kualitas ilmu bimbingan dan konseling.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI