KEEFEKTIFAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN DALAM MENGUNGKAPKAN PENDAPAT SISWA YANG RENDAH PADA KELAS X TKJ SMK PEMUDA PAPAR TAHUN PELAJAAN 2015/2016


Author (Penulis)

IIN AHADIN HAQ
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0267

Abstract

Abstrak Iin Ahadin Haq: Keefektifan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Keberanian dalam Mengungkapkan Pendapat Siswa yang Rendah pada Kelas X TKJ SMK Pemuda Papar, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kebanyakan siswa kurang mampu dalam mengungkapkan pendapat selama proses kegiatan belajar mengajar. Hal ini diketahui dari rendahnya partisipasi dan komunikasi siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Siswa cenderung pasif menerima pelajaran, sehingga diperlukan sebuah metode untuk meningkatkan peran siswa agar lebih aktif dalam mengungkapkan pendapat. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah dampak ketidak beranian siswa dalam mengungkapkan pendapat? (2) Apakah penerapan metode sosiodrama mampu membantu siswa untuk meningkatkan keberanian mengungkapkan pendapat? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain SSD (sigle Subject Design). Subyek pada penelitian ini sebanyak 2 siswa, yang semuanya siswa X TKJ SMK Pemuda Papar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 6 kali pertemuan dan pada Baseline (A) Subyek diobservasi didalam kelas saat pelajaran berlangsung dan pada Intervensi (B) setiap pertemuan subyek diminta untuk memerankan drama sesuai dengan peran dalam naskah sosiodrama. Ini bertujuan untuk memudahkan peneliti untuk menganalisis perubahan yang terjadi serta menyimpulkan hasil penelitian. Hal ini dapat ditarik kesimpulan penelitian ini adalah metode sosiodrama efektif meningkatkan keberanian siswa dalam mengungkapkan pendapat. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasiakan: (1) Diharapkan untuk menggunakan metode sosiodrama untuk meningkatkan keberanian menggungkapkan pendapat. (2) Diusahakan untuk mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas terutama yang belum terungkap pada masalah ini. Kata kunci : metode sosiodrama, keberanian siswa mengemukakan pendapat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI