KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN PENULISAN SKRIPSI JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING.


Author (Penulis)

HAGI DWI YULIAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0264

Abstract

ABSTRAK Hagi Dwi Yulian: Kecemasan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Penulisan Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling, Skripsi, BK, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: konsep dasar Mahasiswa, skripsi, kecemasan, keterkaitan skripsi terhadap kecemasan Mahasiswa. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kecemasan Mahasiswa dalam penulisan Skripsi bisa menghambat Mahasiswa dalam mengerjakan Skripsinya. Akibatnya tidak bisa lolos sidang dan tertundanya wisuda tahun depan. Permasalahan peneliti ini adalah (1) mendeskripsikan Mahasiswa mengenai tugas akhir dan skripsi? (2) Mengidentifikasi penyebab kecemasan saat penulisan Skripsi? (3) Bagaimana Mahasiswa mendeskripsikan hubungan Skripsi dengan kecemasan?. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif yaitu sebuah pendekatan penelitian yang diselenggarakan dalam setting alamiah, memerankan peneliti sebagai instrumen penggumpulan data, menggunakan analisis induktif, dan berfokus pada makna menurut respektif partisipan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Fenomenologi yang merupakan sebuah pendekatan yang menelaah sebuah fenomena tertentu dari sudut pandang partisipann. Metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Yaitu dilakukan dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda. Misalnya data di peroleh dengan wawancara, lalu di cek dengan observasi dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) penyebab cemas saat menghadapi skripsi terjadi pada saat proses pengerjaan skripsi dan menghadapi dosen karena terbatasnya waktu saat sidang. (2) gejala fisik yang dialami ketika cemas adalah keringat dingin, jantung berdebar kencang, dan gugup. (3) akibat yang ditimbulkan ketika menghadapi skripsi dan cemas yaitu bisa menghambat proses pengerjaan skripsi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat di kemukakan implikasi secara teoritis dan praktis (a) implikasi teoritis dapat menambah pengetahuan tentang pengaruh kecemasan dalam mengerjakan skripsi serta berpengaruh pada kelulusan mahasiswa itu sendiri. (b) implikasi praktis hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan atau refrensi bagi peneliti selanjutnya yang akan mengambil permasalahan tentang kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan penulisan skripsi jurusan bimbingan dan konseling. Berdasarkan simpulan penelitian ini di rekomendasikan : (1) memberi sumbangan pemikiran bagi jurusan bimbingan dan konseling bagaimana menangani kecemasan mahasiswa dalam menyelesaian penulisan skripsi. (2). Memberikan masukan pada dosen pembimbing agar tidak mempersulit mahasiswa dalam mengerjakan skripsi. (3) memberikan masukan pada mahasiswa agar dapat menyelesaikan skripsi dengan lancar tanpa rasa cemas. (4) Diharapkan orang tua selalu mendukung anaknya dalam mengerjakan skripsi supaya tidak merasakan cemas dalam proses pengerjaan skripsi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-01

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI