PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT SISWA MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
MISBACHUL MUNIR
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
12.1.01.01.0263
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan minat siswa mengikuti bimbingan belajar akan timbul dengan adanya layanan yang lebih bervariasi yang diberikan oleh pembimbing. Media audio visual dapat menarik perhatian dan minat siswa dengan ditampilkanya seperti vidio, rekaman, dan film, sehingga siswa akan lebih tertarik untuk mengikuti layanan, dapat meningkatkan gairah belajar siswa, dan meningkatkan interaksi antara konselor dengan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media audio visual terhadap minat siswa mengikuti bimbingan belajar pada kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik yang digunakan berupa pre eksperimen dengan desain yang digunakan adalah intact – Group Comparison. Pada desain ini terdapat satu kelompok yang digunakan untuk penelitian, tapi dibagi dua, yaitu setengah kelompok untuk eksperimen (yang diberi perlakuan) dan setengah untuk kelompok kontrol (yang tidak diberi perlakuan). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket dengan populasi berjumlah 142 siswa dan sampel penelitian berjumlah 36 siswa. Berdasarkan dari pengolahan data dan pengujian hipotesis didapatkan hasil (thitung = 3,952 > ttabel = 2,101). Artinya, ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual terhadap minat siswa mengikuti bimbingan belajar. Hal ini berarti minat siswa yang diberi layanan bimbingan dengan menggunakan media audio visual lebih baik, dibandingkan yang tidak diberi layanan bimbingan dengan menggunakan media audio visual.
Kata kunci: media audio visual, minat, bimbingan belajar