Studi Fenomenologi Tentang Tingkat Motivasi Belajar Siswa Keluarga Broken Home Kelas VIII di SMPN 1 SEMEN Tahun Ajaran 2015/2016


Author (Penulis)

CANDRA RIDHO NUGROHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0261

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti sewaktu melaksanakan PPL di sekolahan tersebut. Pada suatu hari peneliti melakukan absen harian kelas dan menemukan seorang siswa yang sangat sering tidak masuk sekolah atau membolos, atas perintah konselor peneliti pun melakukan penelusuran dengan metode home visit ternyata siswa tersebut adalah siswa korban broken home, dilihat dari absen kelas siswa yang sering membolos peneliti menduga siswa tersebut memiliki motivasi belajar rendah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa yang berasal dari keluarga broken homeSiswa Kelas VIII SMPN 1 SEMEN Tahun Ajaran 2015/2016.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII.Untuk mendapatkan hasil data yang lebih kredibel peneliti menggunakan tiga metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tidak semua siswa yang berasal dari keluarga broken home memiliki tingkat motivasi belajar rendah bahkan diantara mereka berprestasi dan menjadi langganan juara kelas. Faktor pengawasan orang tua maupun keluargalah yang menjadi sumbangsih terbesar untuk motivasi belajar siswa.Berdasarkan hasil kesimpulan penelitian ini, direkomendasikan : (1) keluarga ataupun orang tua hendaknya tetap melakukan pengawasan dan mengontrol proses dan hasil belajar siswa di sekolah. (2) Konselor sebaiknya memberikan pelayanan khusus kepada siswa keluarga broken home untuk meningkatkan motivasi belajarnya. (3) peneliti selanjutnya, Sebaiknya peneliti selanjutnya lebih detail dan melakukan observasi tidak hanya di sekolah saja tetapi juga melakukan pengamatan di rumah siswa yang berasal dari keluarga broken home, hal ini diharapkan dapat memperoleh data yang lebih lengkap. KATA KUNCI :Siswa keluarga broken home, Motivasi belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI