STUDI KASUS KESESUAIAN KONSEP DIRI DENGAN PERENCANAAN KARIER SISWA SMP NEGERI 2 PAPAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

MOHAMMAD NUR OKTAVIAN SYAIFUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

12.1.01.01.0259

Abstract

Abstrak Mohammad Nur Oktavian Syaifudin: Studi Kasus Kesesuaian Konsep Diri dengan Perencanaan Karier Siswa SMP Negeri 2 Papar Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Kata kunci: konsep diri, perencanaan karier Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan, pengalaman dan observasi peneliti selama melaksanakan kegiatan PPL 2 di SMP Negeri 2 Papar bahwa terdapat siswa yang memiliki konsep diri dan perencanaan karier yang ingin dicapai. Namun konsep diri dengan perencanaan karier belum terbentuk dengan matang, sehingga belum mampu menyesuaikan antara perencanaan karier dengan konsep diri. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran konsep diri siswa SMP Negeri 2 Papar? (2) Bagaimana gambaran perencanaan karier siswa SMP Negeri 2 Papar? (3) Bagaimana gambaran kesesuaian konsep diri dengan perencanaan karier siswa SMP Negeri 2 Papar?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas IX-D SMP Negeri 2 Papar. Teknik pengumpulan data penelitian adalah teknik non tes berupa wawancara. Sumber data penelitian ini sumber data primer dan sekunder. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penelitian pengujian credibility, transferability, dependability, confirmability. Triangulasi data penelitian menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep diri subjek S1, S2, S3 dan S4 aspek fisik memiliki riwayat penyakit dan memiliki kekurangan dan kelebihan pada bentuk fisiknya. Aspek psikis S1 dan S2 memiliki sifat buruk pemarah, S3 tidak memiliki sifat buruk dan S4 memiliki sifat pemalu. Aspek moral S1, S2, S3 dan S4 beragama Islam, S1 dan S2 pernah melakukan hal tidak jujur, S3 dan S4 tidak pernah melakukan hal tidak jujur. Aspek sosial S1 dan S2 mengikuti pencak silat merupakan siswa yang mudah bergaul. S3 merupakan remaja yang aktif di masyarakat dan siswa yang mudah bergaul. S4 mengikuti pencak silat dan sepak bola dilingkungannya merupakan siswa yang mudah bergaul. (2) Perencanaan karier subjek penelitian aspek pengetahuan diri S1 memiliki cita-cita sebagai TNI, S2 sebagai pesilat, S3 sebagai ustadzah dan S4 sebagai pemain sepak bola. Aspek sikap S1 motivasi untuk mencapai cita-citanya adalah orangtua, S2 motivasi untuk mencapai cita-citanya adalah keluarga, S3 motivasi untuk mencapai cita-citanya selalu semangat dan S4 untuk mencapai cita-citanya selalu berusaha dan semangat. Pada aspek keterampilan untuk mencapai cita-citanya S1 belajar dengan giat, S2 tidak mudah menyerah dan selalu berusaha, S3 meluagkan waktu untuk menghafal dan mengaji, S4 berlatih dan tidak mudah menyerah. (3) Adanya kesesuaian gambaran konsep diri dengan peencanaan karier S1, S2, S3 dan S4. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan: guru BK supaya lebih memperhatikan konsep diri dan perencanaan karier siswa agar terarah. Saran bagi peneliti selanjutnya, hendaknya melakukan penelitian lebih memfokuskan pada indikator-indikator yang lebih mendalam.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI